Kamis, 19 September 2019

Wartawan Penghapus Kegamangan Bangsa

                

Pak Jacob saat menerima Panitia Pusat HPN 2011 

 Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Kelompok Kompas dan Gramedia, Jakob Oetama, menegaskan bahwa wartawan harus mampu menjadi pihak terdepan untuk menghapus kegamangan bangsa dengan memberikan informasi faktual, akurat dan komprehensif, serta bermakna.

 "Wartawan harus punya ideologi. Ya, ideologi memberikan makna kepada masyarakatnya. Rakyat kita ini, Indonesia," katanya saat menerima Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) di ruang kerjanya, Kamis.

 Pak Jakob, demikian panggilan akrabnya di kalangan pers, juga menyampaikan harapannya agar wartawan dalam memenuhi tantangan zamannya harus memiliki kompetensi, termnasuk memenuhi kode etik jurnalistik.

 "Ini tantangan yang tidak mudah, tetapi kita harus terus lakukan memberikan peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi wartawan. Ini harus dilakukan, agar wartawan memenuhi kebutuhan zamannya," demikian Jakob Oetama.

 Panitia Pusat HPN 2011 yang beraudiensi ke Pak Jakob, antara lain Margiono (Ketua Umum PWI Pusat selakuPenanggungJawab/Ketua HPN), Priyambodo RH (Ketua Panitia Pelaksana), dan tokoh pers Ishadi SK, Tarman Azzam, Ilham Bintang, serta Astrid B. Soerjo Adinegoro. (*)