Selasa, 12 November 2019

Bagir Manan Jadi Ketua Dewan Pers

Jakarta  (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan terpilih sebagai Ketua Dewan Pers periode 2010-2013 menggantikan Ichlasul Amal yang menjabat dua periode sebelumnya.

"Pak Bagir Manan terpilih sebagai Ketua Dewan Pers dalam rapat perdana Dewan Pers hari ini," kata salah satu anggota Dewan Pers periode 2010-2013, Zulfiani Lubis yang dihubungi di Jakarta, Senin.

Bagir Manan yang lahir di Lampung, pada 6 Oktober 1941, merupakan Guru Besar pada Universitas Padjajaran Bandung dan Ketua MA periode 2001-2008.

Dalam pemilihan itu, tokoh pers Bambang Harimurti terpilih sebagai Wakil Ketua Dewan Pers periode 2010-2013.

Zulfiani Lubis yang akrab disapa Uni Lubis itu mengatakan, rapat perdana mengagendakan pemilihan ketua dan wakil ketua dan dihadiri oleh sembilan anggota Dewan Pers, yaitu Bambang Harymurti, Margiono, Bekti Nugroho (mewakili unsur wartawan), ABG Satria Naradha, Uni Lubis, M Ridho 'Eisy (mewakili unsur perusahaan pers), Wina Armada, Agus Sudibyo, dan Bagir Manan (mewakili tokoh masyarakat).

Uni menjelaskan menurut Statuta Dewan Pers, pemilihan ketua dilakukan secara tertutup dan dipimpin oleh anggota tertua yaitu Bagir Manan dan anggota termuda yaitu Agus Sudibyo.

Hasil pemilihan tertutup melalui voting, lanjut Uni, Bagir Manan terpilih dengan delapan suara dan satu suara kosong.

"Satu suara kosong itu kayaknya milik Bagir Manan yang tidak memilih. Apabila pemilihan dilakukan terbuka, Pak Bagir bisa terpilih secara aklamasi," jelas Uni.

Uni menjelaskan, rapat perdana Dewan Pers juga memutuskan membuat tujuh komisi dari periode kepengurusan sebelumnya hanya terdapat lima komisi.

"Sehingga, semua anggota Dewan Pers sebanyak tujuh orang akan bertanggung jawab terhadap satu komisi, meski anggota tersebut bisa menjadi wakil di komisi yang lain," jelasnya.

Dewan Pers akan mengadakan rapat kembali pada Rabu pekan depan (28/2) untuk membahas mengenai Statuta Dewan Pers dan program kerja setiap komisi.