Minggu, 15 Desember 2019

Wartawan Radar Bali Pamerkan 50 Foto Seni & Budaya

Denpasar  (ANTARA) - I Nyoman Wija, SE AK, wartawan Radar Bali, menggelar pameran foto mengusung tema Vocal Point di hotel Grand Bali Beach Sanur, selama dua pekan, 19 September hingga 2 Oktober 2008.

"Pameran menampilkan 50 karya foto menyangkut seni dan budaya," kata Nyoman Wija,  di Denpasar, Jumat.

Di sela-sela menjelang pembukaan pameran yang rencananya dilakukan Gubernur Bali Drs Made Mangku Pastika dan dihadiri Wakil Gubernur Drs AAN Puspayoga, ia mengatakan, pameran kedua yang digelar kali ini mengarah pada catatan jurnalistik dalam dua karya, yakni penulisan dan rekam peristiwa menggunakan kamera.

Pameran fotografi "Vocal Point" mempresentasikan komitmen dan keuletan seorang jurnalis mengedepankan perhatian menyeluruh terhadap setiap sensasionalitas kewaktuan, yang dijumpai atau diburu dalam setiap ruang ranah seni budaya Bali.

Wayan Kun Adnyana, dosen Program Studi Seni Rupa dan Disain Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menilai, karya-karya foto yang disajikan dalam pameran kali ini mencerminkan capaian-capaian yang dikehendaki oleh fitrah media.

Dengan terbiasa kerja keras dalam mencapai tujuan dan kelengkapan karya foto, menjadikan terlatih untuk memikirkan bagaimana sebuah peristiwa kebudayaan itu bisa dibaca, dipahami dan dinilai.

"Mata kamera, mata pikiran dan mata intuisi senantiasa siaga mengawal sebuah peristiwa hingga menjadi karya jurnalistik demi apresiasi publik secara luas," kata Kun Adnyana.

Sementara I Wayan Sudirta, SH, Anggota DPD RI asal pemilihan daerah Bali menilai, pameran foto Nyoman Wija patut diberi penghargaan, karena mendedikasikan waktu dan tenaga dalam memberikan respon terhadap penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB), aktivitas seni tahunan di Pulau Dewata.

Upaya tersebut memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat, karena dengan mudah mengetahui terhadap jenis kesenian yang tumbuh sebagai kreativitas baru maupun hasil evaluasi terhadap PKB, ujar Wayan Sudirta. (*)