Selasa, 21 Januari 2020

Wartawan dari 14 Negara Kunjungi Sulut

Manado (ANTARA News) - Jurnalis dari 14 negara akan mengunjungi Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) tanggal 25-27 Oktober 2008 guna melihat dari dekat persiapan kota tersebut menjadi tuan rumah konferensi kelautan dunia (World Ocean Conference/WOC) yang akan berlangsung pada 11-15 Mei tahun 2009.

"Wartawan dari 14 negara tersebut datang ke Sulut difasilitasi Departemen Luar Negeri selain mengunjungi Manado juga tiga kota lainnya, yakni Jakarta, Bali dan Yogyakarta,"kata Sekretaris Panitia Lokal WOC, Noldy Tuerah di Manado, Kamis.

Selama kunjungan, para wartawan dari 14 negara tersebut akan mengumpulkan data tentang berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam rangka menyukseskan pelaksanaan peristiwa berskala internasional tersebut.

Kedatangan jurnalis dari 14 negara tersebut, kata Noldy, akan dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai wahana promosi Provinsi Sulut, sehingga seluruh negara maritim dapat hadir di Sulut setelah membaca tulisan para wartawan itu.

"Para jurnalis asing itu diharapkan sekembalinya dari negara mereka sendiri dapat mempublikasikan WOC di negara masing-masing," kata Noldy.

Selain itu, kesempatan kunjungan jurnalis asing ini, akan dimanfaatkan pula untuk tukar menukar pengalaman dengan wartawan lokal untuk saling menambah wawasan.

Noldy mengatakan, pemrov Sulut terus melakukan promosi gencar pelaksanaan WOC tahun 2009 mendatang salah satunya dengan membuka akses internet melalui www.WOC09.org. Sampai saat ini jumlah pengunjung website tersebut berkisar 13.000 sebagian besar datang dari luar negeri. (*)