Selasa, 22 Oktober 2019

Dukung HPN 2019, Menteri Pariwisata: Ekonomi Kerakyatan Penopang Pariwisata

Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya menyambut baik rencana gelaran Hari Pers Nasional tahun 2019. Gelaran kali ini, memilih Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai tuan rumah.

 
Hal tersebut diungkapkan Menteri Arif saat menerima kunjungan delegasi panitia HPN 2019 di Ruang Kerja Menteri Pariwisata, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (12/12).
 
Penanggungjawab HPN 2019, Margiono menjelaskan acara kali ini mengangkat tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital". Margiono dalam pertemuan tersebut didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia, Atal S Depari.
 
"Sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, Pak Karwo yang memang lagi menata digitalisasi ekonomi. Nantinya, sentra-sentra ekonomi UMKM akan disentuh dengan teknologi  digital," ujar Margiono.
 
Mendapat penjelasan tersebut, Menteri Arif pun menyambut baik. Menurutnya, sektor ekonomi kerakyatan adalah penopang utama dari ramainya wisata.
 
Dia sebutkan juga banyak potensi wisata tersebar di Jawa Timur. Wisata ini bahkan beberapa diantaranya sudah dikenal publik.
 
"Banyak wisata populer di Jawa Timur, yang dekat itu ada Jawa Timur Park di Malang, kalau yang agak jauh kan ada Banyuwangi," ungkapnya.
 
Margiono pun menambahkan bahwa acara HPN 2019 juga akan memberikan tamasya kepada seluruh peserta yang tidak lain adalah wartawan dari Sabang hingga Merauke.
 
Hal ini pun kembali diapresiasi Menteri Arif. Dia berharap tamasya wartawan di HPN 2019 dapat membantu mengeksplorasi dan mengenalkan potensi wisata Jawa Timur.
 
"Nanti bisa  kita laksanakan, itu bagus karena kan yang hadir adalah wartawan jadi kita buat semacam film trip wisata," demikian Menteri Arif. [Humas]