Minggu, 17 November 2019

Bakrie Adukan Tempo ke Dewan Pers

JAKARTA, (Kompas Cyber Media/KCM) — Pengusaha Aburizal Bakrie mendatangi Gedung Dewan Pers Jakarta, Jumat (28/11), dengan mobil Lexus hitamnya. Bakrie datang ditemani Rizal Malarangeng dan lima orang kuasa hukumnya yang dipimpin oleh Denny Kailimang.

Bakrie rencananya akan mengadukan pemberitaan di majalah Tempo pada 17 November. Berita tersebut memuat kisruh saham keluarga Bakrie serta disebutkan bahwa Bakrie sebagai salah satu penyumbang terbesar bagi aktivitas politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Jusuf Kalla (JK).

Rombongan Bakrie diterima pertama kali oleh ketua Dewan Pers, Ichlasul Alam, di salah satu ruangan di lantai 7 gedung Dewan Pers.

Untuk menyelesaikan seteru antara pengusaha Aburizal Bakrie dan majalah Tempo, Dewan Pers akan mempertemukan kedua pihak dalam waktu dekat setelah meminta konfirmasi dari pihak Tempo terlebih dulu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pers Ichlasul Amal seusai mendengarkan pengaduan yang disampaikan Bakrie di Kantor Dewan Pers.

 "Kami terima. Nanti kami panggil Tempo dan akan kami sampaikan semua keberatan dan melihat bagaimana reaksi Tempo. Pada akhirnya, nanti kedua pihak dipertemukan, baik itu dalam rangka mempertemukan keberatan pihak pengadu maupun yang diadukan," tutur Ichlasul.

Hasil pertemuan keduanya nantinya akan dijadikan suatu rumusan rekomendasi Dewan Pers dan putusan penting untuk kemajuan pelestarian kebebasan pers dan melindungi kepentingan masyarakat yang menjadi korban dari kebebasan pers. "Kebebasan pers akan terancam jika korban dalam kebebasan pers semakin banyak dan semakin hancur," tandas Ichlasul.

Ichlasul menyebutkan, Dewan Pers akan mengusahakan penyelesaian win-win solution agar semuanya merasa menang dan lega. Dewan Pers juga merasa bangga atas pilihan Bakrie untuk menyelesaikan masalah ini dengan mengadukannya ke Dewan Pers. (*)