Minggu, 25 Agustus 2019

Persatuan Wartawan Indonesia Sukabumi Pamerkan Karya Foto JurnalisSukabumi Rangga Sungkawa

Sabtu, 12 Maret 2016 | 08:00 WIB

HASIL KARYA: Sejumlah warga melihat karya foto jurnalis dalam acara Hari Pers Nasional dan HUT Kota Sukabumi di Gedung Juang. Foto:ikbal/radarsukabumi.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi menggelar lomba dan pameran karya foto jurnalistik yang diikuti oleh puluhan wartawan area kerja Kota dan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan lomba foto ini bertemakan ‘Peristiwa di Balik Lensa’ yang terjadi selama 2015.

“Kita ingin mewadahi para jurnalis untuk berkreasi melalui fotografi. Hasil kerja mereka selama setahun kita muat di sini,” ujar Penanggung Jawab Pameran Foto PWI Kota Sukabumi, Dhita Septiawan.

Dhita menjelaskan, selain untuk mewadahi jurnalis dalam bidang fotografi yang makin tumbuh di daerah ini, lomba ini juga didedikasikan untuk mendukung pemerintah daerah dalam pembangunan yang lebih baik lagi.

“Lewat foto ini pemerintah bisa melihat peristiwa yang bisa dipetik hikmahnya, semisal foto jalan dan jembatan rusak,” ungkapnya.

Pameran ini memajangkan sekitar 50 karya foto terbaik, setelah diseleksi oleh dewan juri senior dari wartawan foto Bandung, Andri Gurnita. Karya foto ini nantinya akan dipamerkan kembali dalam acara HUT Kota Sukabumi ke-102.

“Kita lihatkan kembali pada masyarakat karya jurnalis foto ini kepada masyarakat pada HUT Kota Sukabumi,” jelasnya.

Lanjutnya, Peristiwa di Balik Lensa dan pameran foto rencananya akan menjadi event tahunan PWI Perwakilan Kota Sukabumi. Hanya, tiap tahun tema yang diangkat akan berbeda-beda.

“Bagi jurnalis siap-siap saja membingkai momen-momen terbaik dalam fotonya. Tahun ini kan temanya tentang peristiwa, tahun depan lagi misalnya human interest atau lainnya, begitu seterusnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Sukabumi, Ahmad Rayadi menambahkan, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2016 dan Hari Jadi Kota Sukabumi ke-102, PWI Kota Sukabumi melaksanakan berbagai acara besar yakni Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Jabar 2016 dan telah menghasilkan 24 wartawan berkompeten oleh Dewan Pers pada 19-20 Februari 2016.

“Kami juga melaksanakan seminar tingkat nasional dengan keynote speaker Ketua Dewan Pers, Prof Bagir Manan, Walikota Sukabumi M. Muraz, dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Diki Budiman, dengan moderator Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi pada 10 Maret 2016 di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi. Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat semakin mengetahui tupoksi profesi jurnalis,”urainya.

(bal/d)

Sumber: http://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2016/03/12/persatuan-wartawan-indonesia-sukabumi-pamerkan-karya-foto-jurnalis/